Ramadhan 1430 H – Hari ke 8

29 08 2009

Assalamu’alaikum wr wb.,

Apa kabar sahabat, semoga tetap dan lebih semangat dalam beramaliah ramadhan.

Hari ini, sudah hari ke delapan kita berjumpa Ramadhan mubarrak. Rasanya tantangan mulai nampak berat, yang awal2nya rajin baca Al Quran, sudah mulai berkurang dengan berbagai alasan.

_little-boy-prayingYang biasanya menghidupkan malam, hmm mulai timbul rasa berat dan malas. Namun saya bersyukur, dapat mengevaluasi performa puasa saya pada hari ini. Artinya dengan semangat untuk terus menjadi lebih baik, dengan tahu kekurangan itu sekarang, saya paling tidak insya Allah masih punya 22 hari lagi untuk dapat menjadi lebih baik.! Bayangkan kalo saya baru nyadar ketika Ramadhan sudah hari yang ke 25! Kebayang kan?

Meskipun agak kadaluarsa, ijinkan saya menulis tentang kiat-kiat menghidupkan bulan Ramadhan. Ini sebuah pengulangan saja, yang belum tahu semoga jadi tahu, yang sudah tahu, semoga jadi lebih mantap. Enak tho, manteb tho?

Lagipula bukankah “repetition is the mother of perfection” alias pengulangan itu adalah induk dari kesempurnaan. Makin setring diulang, makin jadi lebih baik.

Berikut kiat2nya:

  1. Berpuasa dengan benar: sucikan niat hanya karena Allah, berniat pada malamnya, menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur, menjaga dari apa yang membatalkannya, menghindarkan diri dari kesia-siaan puasa dengan menjauhi maksiat, menjaga lisan, pikiran, perbuatan dari yang dilarang Allah. Pahamkan hukum-hukum puasa yang benar sesuai sunnah.
  2. Hidupkan malam [dan siang] dengan ibadah: shalat tarawih, shalat-shalat sunnah, berdzikir, tafakkur, tadabbur, muhasabah [menghisab diri] taubat, taddarus Al Quran
  3. Banyak bershadaqah: “Seutama utama shadaqah adalah shadaqah di bulan Ramadhan”[HR Tirmidzi], memberi makan, menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka.
  4. Banyak membaca Al Quran: baca, gali, resapi dan amalkan
  5. Menjaga tetap semangat dan gembira: banyak membaca fadhilah dan keutamaan Ramadhan, sehingga dapat memotivasi diri untuk lebih giat beramaliah Ramadhan. Hanya dengan mengenal keutamaan2nya maka kita jadi ingin meraihnya. Tanamkan kuat-kuat dengan dahsyat bahwa Ramadhan adalah “Super Bootcamp” yang dirancang oleh sang Maha Perancang untuk melatih kita menjadi the best performer dalam segala sisi kehidupan kita.
  6. Siapkan diri menyambut al Lailatul Qadr: setiap hari berdoa dengan sungguh dan yaqin agar dijumpakan dengannya dalam keadaan Allah ridha, terus menerus mensucikan diri, karena diri yang terus berupaya mensucikan diri dan yang sangat amat ingin berjumpalah yang lebih pantas untuk bertemu dengan malam yang mulia itu. Jaga shalat berjamaah kita, terutama Isya’ dan Subuh. Karena barangsiapa yang shalat Isya dan subuh berjamaah maka Allah akan ganjar ia seolah-olah ia shalat sepanjang malam itu.
  7. I’tikaf di masjid di likur terakhir: ini melengkapi butir 6 di atas. Siapkan jiwa raga agar i’tikaf dapat dilaksanakan dengan baik.
  8. Tunaikan zakat fitrah: cukupkan jumlahnya, sempurnakan tatacara pelaksanaannya -lahir dan bathin, lakukan paling lambat sampai sebelum ied fitr.

Demikian kiat2 yang saya kumpulkan dari pelbagai sumber dan pengalaman pribadi.

rmdn_see_noevilSebagai penutup, hendaklah dikuatkan azzam, bahwa selepas Ramadhan, kita akan tetap istiqamah menjaga apa yang baik yang telah kita raih bahkan terus meningkatkannya.

Semoga Allah senantiasa limpahi kita dengan taufiq dan hidayahNya. Hidayah kemauan dan kemampuan untuk mengamalkan apa yang diridhaiNya. Amin

Semoga manfaat

Wassalamu’alaikum wr wb.,


Aksi

Information

One response

8 09 2009
yanti

Yup…Insya Allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: