Islam yang terbaik

14 11 2010

Assalamu’ alaikum wr wb.,

Sahabat, tahukah Anda manakah Islam yang terbaik itu? Renungkanlah sejenak. Dan jawaban yang saya temukan mungkin mencengangkan kita semua.

Mari kita simak hadits berikut:

Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu’anhum, ia berkata: Seseorang bertanya kepada Rasulullah saw: Orang Islam manakah yang paling baik? Rasulullah menjawab: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (Shahih Muslim No.57)

Hadis riwayat Abu Musa radhiyallahu’anhuma, ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (Shahih Muslim No.59)

Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhuma mengatakan bahwa Nabi saw bersabda, “Orang Islam itu adalah orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya; dan orang yang berhijrah (muhajir) adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah.” [HR. Bukhari]

Abu Musa radhiyallahu’anhuma berkata, “Mereka (para sahabat) bertanya, Wahai Rasulullah, Islam manakah yang lebih utama?’ Beliau menjawab, ‘Orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya. “‘[HR. Bukhari]

[dikutip dari blog sahabat Arully]

Demikian adanya!

Sekarang tinggal kita nilai diri kita masing2, apakah kita masuk dalam kategori utama ini?

akhlaq mulia

Siapa saja yang mengaku muslim atau organisasi muslim, kiranya kriteria ini bisa menjadi acuan kita untuk introspeksi. Islam memang agama yang indah. Sudah dari sononya. Dan keindahan itu hanya akan nampak apabila diwujudkan dalam akhlaq yang mulia sesuai tuntunan dan tauladan rasulullah SAW.

Bila ingin menilai bagusnya iman seseorang, indikator paling utama adalah akhlaqnya. Jika akhlaqnya mulia itulah tanda kemuliaan imannya. Tanda satunya pikiran, keyaqinan kata dan perbuatannya

Semoga Allah tolong dan mudahkan kita untuk termasuk dalam golongan yang terbaik, dengan memuliakan akhlaq kita. Bukankah baginda Rasulullah SAW memang diutus untuk menyempurnakan akhlaq kita.

wallahu a’lam.

Sahabat, Selamat meraih akhlaq mulia!

Wassalamu’alaikum wr wb.,


Aksi

Information

One response

6 12 2010
achoey el haris

Lidah, tangan, Ya Allah moga aku dapat memanaj ini dan mengarahkan pada amal baik saja.

Selamat Tahun Baru 1432 H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: