Mengapa Sulit Menghilangkan Dendam dan Kebencian

8 02 2014

Sahabat,

Tentu kita sering mendengar kata dendam dan benci. Ini dua di antara banyak penyakit hati. Hampir kita semua tentu pernah merasakannya.

Apa yang salah dengan rasa dendam dan benci? Secara manusiawi, tidak ada yang salh. Karena memang Allah SWT menganugerahi kita dengan dua sifat tersebut. Jadi masalahnya bukan pada dendam dan benci itu sendiri, tapi lebih pada bagaimana meletakkan dua sifat tersebut secara benar agar tidak menjadi penyakit hati.

menghilangkan-dendam-downest

mengapa sulit menghilangkan benci dan dendam

Yang paling mudah tentu bila kita gunakan dendam dan benci itu terhadap sesuatu yang tidak baik menurut Allah dan Rasul-Nya.

Tantangannya adalah bila ternyata kita gunakan kedua rasa itu kepada seseorang dan bukan kepada sifat buruknya!

Si A suka berbuat dzalim, tentu siapa saja akan membencinya, yang kalau kita kebablasan maka kita benci sifat dzalimnya sekaligus benci orangnya.

Kasus yang paling gampang terjadi dan sering dialami adalah bila ada seseorang berperilaku buruk kepada kita [jadi kita mengalami langsung akibat dari perangai buruknya], biasanya tidak mudah buat kita untuk benar2 memaafkan dan melupakan perbuatan orang tersebut terhadap mkita. Misal, seorang wanita dikhianati oleh suaminya yang berselingkuh atau sebaliknya. Maka dalam hati tentu terbersit rasa sakit hati yang berujung pada benci atau bahkan dendam. Rasa sakit [hati] ini akan sangat sangat sulit hilang atau dilupakan, meski sudah dimaafkan. Setiap kali ada masalah biasanya hal tersebut akan diungkit kembali.

Dan ini [mengungkit2 kesalahan lama] bisa berulang2 bahkan seumur hidup. Setiap kali ada masalah selalu hal itu diungkit untuk memuaskan hawa nafsu amarahnya. Dan sejatinya rasa itu memang tidak pernah betul2 hilang, karena ia telah tertanam di bawah sadar, jadi setiap kali ada masalah dengan orang tersebut otomatis memori tentang kebencian dan dendam itu muncul ke permukaan. dan anehnya itu mebuatnya merasa “puas” bahkan jika tidak mengungkitnya seperti ada beban berat dalam dada.

Inilah wilayah yang paling disukai setan, memainkan hawa nafsu kita. dan seperti kita sudah semua faham, tiada daya setan untuk mempengaruhi kita kecuali kita “ikhlas”. Jadi selama kita tidak benar2 ikhlas memaafkan kesalahan seseorang, maka kesalahan2 itu akan selalu teringat dan akan muncul ketika kita marah dengan orang tersebut.

Penyebab utama sulit memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas tidak lain adalah karena kotornya qalbu dengan kerak2 dosa. Kerak2 itu bagaikan bahan “anti-slip” yang menyelimuti qalbu. maka ketika penyakit benci dan dendam itu muncul di qalbu, akan sulit hilang karena terjerat oleh kerak dosa yang lain.

Bandingkan dengan orang yang bersih qalbunya. Ia bersinar dan licin bersih. maka ketika ada kerak dosa [termasuk rasa benci dan dendam] hendak menempel pada qalbunya, mereka dengan mudahnya lepas dan tergelicir karena kebersihan dan kelicinan qalbunya.

Jadi kalau kita suka memendam benci dan dendam yang sulit hilang, mari bermuhasabah, jangan2 qalbu kita memang perlu dibersihkan dahulu. Hendaknya kita ingat, tiada manusia yang sempurna, termasuk kita, yang mungkin tanpa kita sadari pernah menyakiti hati orang lain. bagaimanakah kelak kita jika orang itu tidak memaafkan kita sampai kelak ia mati?

Semoga ini memotivasi kita untuk selalu menjaga kebersihan qalbu.

Wallahu a’lam bish shawab. Semoga manfaat.

Beberapa link inspirasi:

Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Dendam

Jalan Dakwah Bersama Dewi Yana

INILAH CARA MENGHILANGKAN RASA DENDAM YANG WAJIB ANDA KETAHUI DAN AMALKAN

[Semangat] Menghilangkan Kebencian


Aksi

Information

4 responses

12 04 2014
Istanamurah

Mungkin karena itu adalah manusiawi dan latihan untuk ilmu Ikhlas masih belum dapet,😀 mangkanya tidak jarang orang di dunia ini yang dendam dan benci.😀

15 11 2014
ies masythah

artikel yang sangat membantu saya,,mksh bgtttt????

22 03 2015
dsusetyo

#ies, alhamdulilah, semoga bermanfaat dan dapat diamalkan. Amin.

13 08 2015
ugi

Yaelah susah bgt maafin orang mending Ъќ>:/ usah maafin kalo cuma pura”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: