Cara Mudah Hafal Al Quran (edited 22 Februari 2010)

16 04 2008

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillahirabbil ‘alamin

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim.

Sahabat-sahabat yang dirahmati Allah, assalamu’alaikum wr wb.

Tulisan ini sudah akan saya tulis beberapa waktu lalu namun karena cukup panjang [karena memuat transkrip dari satu ceramah berdurasi 40 menit] dan saya belum mulai2 maka sampai sekarang tulisan itu belum jadi juga.

Pagi ini ketika blogwalking saya nemu postingan ini . Maka tergerak semangat untuk berbagi kebaikan saya segera tulis ini yang merupakan pokok2 inti ceramah yang saya dengarkan di Masjid Baiturrahman Banda Aceh beberapa waktu lalu. Ustadznya masih muda sekira 35 tahun hafal Al Quran dan beliau dari Malaysia. Sayang saya tak sempat tahu nama beliau.

Menurut beliau jika ia tanya kepada 10 orang “Apakah Anda bisa menghafal seluruh AlQuranulkarim 30 juz?” maka 90% akan menggeleng dan mengatakan “Sangat sulit saya tidak bisa!” dan yang 10% mungkin akan menjawab: “Mungkin bisa jika diberitahu cara2nya?

Inilah ‘intinya’ kenapa saya segera tulis postingan ini! 90% atau lebih dari kita [termasuk saya tentunya] akan mengatakan mustahil untuk bisa hafal 30 juz, boro2 30 juz kan, juz amma [juz 30] gak apal-apal, ya kan?

Beliau melanjutkan: “Semua jawaban itu SALAH!” “Harusnya kita katakan, insya Allah bisa!” Kenapa karena Al Quran itu mu’jizat, dan satu2 nya mu’jizat yang wujudnya bisa kita lihat sampai sekarang.

Langsung saja: menurut beliau menghafal AlQuran itu mudah dan mungkin dilakukan oleh SIAPA SAJA. Caranya? [siap2 menjublak karena gampangnya....;-) ]

1. Niat ikhlas menghafal AlQuran semata2 mengharap ridha Allah, kudu ikhlas benar2. “Ya Allah aku niat menghafal AlQuran 30 Juz karena memohon ridhaMu semata. Bismillahirrahmanirrahim.”

2. Al Quran hanya bisa dihafal oleh yang hatinya bersih. Supaya bersih caranya gampang. Sebelum mulai menghafal baca istighfar banyak2, mohon ampun dengan sungguh2 kepada Allah. Tidak ada manusia yang TIDAK BERDOSA, dan Allah sudah sampaikan salah satu cara menghapus dosa adalah istighfar banyak2. Minta Allah ampuni kita dan bersihkan hati kita

3. Alquran itu kita hafal bukan karena kita menghafalnya, tapi Allah yang letakkan kefahaman itu kedalam hati kita, saya ulangi: Allah yang letakkan kefahaman itu dalam hati kita. Jadi kita mohon kepada Allah agar Ia tolong kita mudah hafalkan AlQuran letakkan kefahaman itu dalam hati kita

4. Hafalkan sedikit demi sedikit, karena inilah fitrah cara diturunkannya AlQuranul karim, bukan langsung sekaligus tapi ayat demi ayat sesuai kebutuhan. Maka hafalkan CUKUP 1 ayat sehari. Baca berulang2 minimal 100x dalam sekali baca, misal habis subuh. Lalu tiap ada kesempatan baca lagi dan lagi. Kata beliau dengan cara ini nanti ayat itu akan meluncur seperti air yang mengalir.

5. Setelah beberapa hari gabung ayat2 yang sudah dihafalkan.

6. Demikian seterusnya sampai khatam seluruh AlQuran.

Pasti anda bertanya wah kalau begitu berapa lama saya akan hafal ?

Secara matematika jika seluruh ayat Al Quran berjumlah 6666 [betul ya?] berarti akan khatam kira2 18 tahun!!! Wah lama sekali ya. Namun kata beliau AlQuran saja genap turun kira2 23 tahun, jadi angka 18 tahun itu wajar dan ‘alamiah’. Satu hal yang beliau sampaikan, karena alQuran itu mu’jizat, dan Allahlah yang letakkan kefahaman itu di hati kita, sesuatu yang secara normal nampak TIDAK MUNGKIN bisa MENJADI MUNGKIN. Jika kita sudah istiqamah mempraktekkannya maka Allah akan BUKA rahasia2Nya, Allah akan tunjukkan jalan2Nya. [Beliau sendiri mengakui baru belajar baca Al Quran ketika mulai kuliah di Inggris, kalau saya perkirakan dari usia beliau sekarang sepertinya beliau hafal jauh lebih cepat dari 18 tahun, dan menurut beliau pula 4 orang anaknya telah hafizh, 2 lagi menyusul!!! Subhanallah].

Mungkin setelah beberapa waktu, bisa saja kita mudah menghafal 5 atau bahkan 10 ayat sehari?

Jadi kuncinya:

  • niat ikhlas
  • istighfar sungguh
  • minta tolong Allah fahamkan
  • sedikit demi sedikit
  • diulang-ulang
  • istiqamah dan shabar.

Demikian, sahabat2 yang dirahmati Allah, semoga manfaat. Bagilah informasi ini ke sebanyak mungkin teman. Link ke post ini [he he biar blognya dibaca banyak orang]

Selamat mempraktekkan. Semoga Allah mudahkan jalan kita untuk dapat menghafal Al Quran, memahaminya, mencintainya dan menjalankannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Amin.

———————-
Karena kemuliaan dan kesucian Al Quran hendaklah kita sangat memperhatikan dengan benar adab atau tatacara dan sikap perilaku kita ketika membacanya. Sila rujuk ke posting sahabat ORido di artikel berjudul Adab Membaca Al-Quran.

Wass wr wb.,

Catatan Tambahan:

Revisi pertama : 19 April 2009

Revisi kedua: 22 Februari 2010

Silakan simak juga:  cara lain mudah hafal al Quran. Lebih lengkap dan lebih terinci, cara mengahafal, mengulang dan menguatkan hafalan. Semoga manfaat. Amin.

Juga yang ini: bekal untuk penghafal al Quran dan rumus praktis menghafal al Quran

Semakin banyaknya referensi ini bukan untuk memperumit namun untuk lebih melengkapi agar lebih mantap. Sekali lagi yang paling penting niatnya harus ikhlas hanya karena Allah SWT, bukan yang lain. Tapi ikhlas saja tidaklah cukup harus dibarengi dengan cara mencapainya. Demikian.

Tambahan 14 Rajab 1431H/ 26 juni 2010

Silakan juga kunjungi halaman khusus tentang Cara Mudah Hafal Al Quran ini. Semoga lebih manfaat . Amin.


Aksi

Information

105 tanggapan

16 04 2008
Landy

Subhanallah , doakan saya ya pak, jadi pengen nangis bacanya

16 04 2008
adikhresna

Assalamu’laikum
Innalhamdalillah; terima kasih Bapak, atas tuliannya. Ana minta doanya, agar dapat mencicil hapalan Al Qur-an ini dan mengamalkannya.
Wassalamu’alaikum

17 04 2008
Rozy

Assalamu’alaikum wr wb,

Salam silaturrahim buat Bapak Dsusetyo. Membaca tulisan ini membuat saya “malu” sekaligus “rindu” bisa membaca dengan lancar setiap kalam-Nya.

Mohon do’anya ya Pak, semoga Allah SWT memnudahkan saya dan memberikan kepahaman, terlebih diawali dengan membersihkan hati saya ini…

Terima kasih dan wassalam

19 03 2010
yuda

kasih tau yo gimana caranya lancar menghafalkannya

20 03 2010
dsusetyo

Silakan baca tuntas artikelnya dan praktekkan. Itu saja kok. Manteb to? Hayo segera mulai, sekarang juga, mumpung lagi kepingin.

Orang itu bisa kalau dia sudah diberi Allah kemampuan, kemauan dan pengetahuan/ kefahaman. Kadang diberi Allah “tahu” dan “mampu”, tapi belum “mau”. Atau di kali lain diberi “mau” dan “tahu” tapi tidak diberi kemampuan.

Berbahagialah mereka yang yang Allah letakkan dalam hatinya hidayah “kemauan”, “kemampuan” dan “ketahuan”.

Caranya? Mintalah kepada Allah dengan sepenuh ikhlas dan yaqin bahwa Ia Maha Pemberi. Semoga Anda termasuk satu di antaranya. Amin.

18 04 2008
Imron

Assalamu ‘alaikum
Subhanallah…………….semoga segala aktifitas kita senantiasa diterangi cahaya Al Quran. Karena,
bukankah Al Quran merupakan way of life ummat Islam??

18 04 2008
dsusetyo

@Sahabat2ku yang dirahmati Allah: Landy/ Adikhresna/ Rozy / Imron
wa ‘alaikum salam wr wb.,
Saya berdoa agar Anda semua diberi izzah dan kemudahan untuk menghafal AlQuran, Amin.

Tolong juga doakan saya.

Tolong sebarkan informasi ini ke sahabat yang lain, agar semakin banyak yang cinta AlQuran.

wass wr wb.,
[khusus mas Landy, terima kasih atas posting Anda tentang HAFIZH QURAN yang telah menggerakkan saya untuk segera memposting ini. Inilah indahnya saling mengingtkan. Subhanallah.

18 04 2008
oRiDo

subhanallah…
sepertinya perlu dicoba..
sedikit2 yang penting terus diamalkan..
seringkali kita udh merasa susah karena melihat banyak nya, padahal kalo kita lakukan sedikit demi sedikit, insyaAllah akan berhasil..

terimakasih atas sharingnya Pak..
insyaAllah postingan Bapak ini saya link ke postingan saya..

20 04 2008
dsusetyo

@ oRido: saya taut posting Anda dan masukkan di bagian akhir artikel saya. Terima Kasih.

21 04 2008
oRiDo

terimakasih pak..
alhamdulillah, udh saya update postingan saya.. termasuk kumpulan artikel nya..

mari sama2 belajar dan beramal

25 04 2008
masbadar

aslmkm, salam kenal pak susetyo..
ada hadiah buat anda: silahkan klik: http://masbadar.wordpress.com/2008/03/17/mp3-al-quran-mushaf-madinah/

28 04 2008
nadji

assalamualaikum wr.
maaf numpang lewat…
Sungguh Allah telah menjaga Qur’an melalui orang2 yang shaleh…
Semoga kita termasuk orang2 yang sabar…
Salam sejahtera bagi keluarga…

16 06 2008
18 06 2008
mukhlis

saya ingin hafidt AQ tapi aku mulai bersemangat mendengar kata-kata dari, Bapak subbhanallah

3 07 2008
Tri Kusmiyati

Hafal dan mengamalkan, memang harus itu untuk penghafal Al Qur’an.Sing semangat.

9 01 2009
[Selamat] Tahun Baru « DSusetyo’s Weblog

[...] untuk berubah. Jangan pernah coba untuk merubah, karena Anda akan kecewa. Cukup kita beri motivasi, dan biarkan mereka berubah sendiri sesuai dengan [...]

10 01 2009
priasejati21

Assalamu’alikum.
Sebelumnya, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blogku dvdmotivasi.co.nr.

Berbicara masalah menghafal Al Qur’an memang sih tidak mudah. Di sini bukan sekedar semangat, tetapi juga perlu kesabaran dan keikhlasan. Dan menjaga lahir & batin kita agar tetap istikomah, ini yang berat.

Wass.
NB : Jika ingin info lengkap DVD motivasi, kunjungi dvdmotivasi.co.cc atau download katalog lewat link : http://www.ziddu.com/download/3137614/ebookdvdmotivasi.zip.html/

10 01 2009
dsusetyo

# priasejati21,
Terima kasih kunjungan baliknya. Saya akan download katalognya.
Wass wr wb.,

26 02 2009
d_fa

jazakallah tipsnya Pak, ana sedang berusaha semoga bisa menjadi penghafal sekaligus mengamalkannya

9 04 2009
Posting Pakai Windows Live Writer « DSusetyo’s Weblog

[...] Bagi Anda yang ingin tahu tips cara mudah hafal Alquran silakan lihat postingan ini [...]

14 06 2009
asep

makasih bayak infonya

15 06 2009
dsusetyo

Terima kasih kembali. Semoga manfaat.
Nanti kalau sudah bisa hafal beberapa surat/ juz, silakan sharing ya.
wass wr wb.,

31 08 2009
tati

alhamdulillah jadi semakin jelas.
sebenarnya hari ini sudah ada kajian menghafal dan memahami Al -Quran.

terimakasih..
memang benar si… kemaren saja baru saya alami.
membaca dengan ikhlas lebih terasa nyaman dan lancar.
sama juga seperti hal nya menghafal.
sucikan hati dan sabar.

6 09 2009
dsusetyo

alhamdulillah. ikhlas dan shabar memang mantap tho?
Trims sudah nulis komen. Blog Anda mana?

27 09 2009
ZENDRIANSYAH

SYUKRON… MDH2AN SYA DPAT MMPRKTKANNYA, DAN SYA DAPAT HAFAL 30JUZ TDK PERNAH LUPA, DAN DOAKAN SYA AGAR DIJAUHKAN OLEH ALLAH DRI PERBUATAN DOSA DAN MAKSIAT…AMIN

29 09 2009
dsusetyo

Sahabat Zendriansyah, insya Allah doa saya menyertai setiap usaha Anda untuk menghafalkan Al Quran.

Tantangan utamanya adalah kemampuan kita untuk istiqamah. Teguhkan keinginan itu, shabar, ikhlas, perbanyak istighfar dan selalu minta tolong kepada Allah agar Ia letakkan kefahaman itu di qalbu Anda. Insya Allah berhasil. Amin

27 04 2012
zendriansyah

makasih banyak yaaah,,,

2 10 2009
shahrel

terima kasih:)

16 03 2010
dsusetyo

terima kasih kembali Shahrel.

2 11 2009
dinda

asslmu’alaikum p’.
Do’a kan sy untk slu istiqomah.

3 11 2009
dsusetyo

Insya Allah dinda, saya doakan Allah ilhamkan kefahaman dan istiqamah kepada Anda. Amin

5 11 2009
Imron ChA

Masyaallah semoga barokah Pak,
Insyaallah.

6 11 2009
dsusetyo

Sahabat Imron, terima kasih doanya.
Semoga Allah ijabahkan. Amin.

Mari kita amalkan dan galakkan kesenangan menghafal Al Quran ini.

Tolong sebarkan info ini ke sahabat2 yang lain.

6 12 2009
Syawal

Ass..
semoga Allah merahmati.
Pak, saya 22 tahun..seharian ini saya mecari input dan merefresh niat saya untuk menjadi hafidz. saya sudah 1 tahun bekerja dan selama kondisi ini saya merasa hafalan saya kurang optimal (gali lubang-tutup lubang) … minta saran,kiat, dan mungkin evaluasi dari bapak dan rekan-rekan… (tolong kirim saran dan artikel2 tkait ke email : born.new.23@gmail.com) …terima kasih banyak

28 02 2010
dsusetyo

Silakan ikuti dan praktekkan saran2 dalam artikel di atas, istiqomah, sabar dan ikhlas. Insya Allah berhasil. Hal2 inilah yang harus dikuatkan.

8 03 2010
El Watsi

Insya Alloh kalo memang berniat ikhlas untuk mencari ridlo Alloh SWT, akan dimudahkan jalannya. rata-rata orang menghafal alqur’an hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 tahun, bahkan bisa kurang dari itu. kuncinya seperti yang sudah diposting di atas.

10 03 2010
ade suherman

aslmkm.
jajakalloh khairon katsir atas ilmunya. qt saling doakan ya pak smoga slalu istiqomah dijalan Nya

16 03 2010
dsusetyo

Amin ya Rabbal ‘alamin

12 09 2012
Indra Mahardika Putra

Slamat Ya
Pak

15 03 2010
arbani

Terimakasih atas ilmunya, izinkan saya untuk bisa menerapkannya, karena ini mungkin hidayah Allah, saya ada niat menghafal Alquran dan bercita-cita mangajak keluarga dan saudara muslim yg lain untuk mencobanya, doakan pada Allah untuk saya.

16 03 2010
dsusetyo

Ya Allah, ijabahkan niat suci saudaraku ini. Mudah dan berkahkan jalannya ya Allah. Karuniakan kemampuan dan semangat yang luar biasa. Fahamkan dalam qalbunya. Dan lebih dari itu berikan pula kemampuan dan kemauan yang kuat untuk mengamalkan ilmu yang telah Engkau fahamkan dalam qalbunya. Amin ya mujibas saa’iliin.

27 03 2010
mymslm

terimakasih pak… smg ilmu ini terus mengalir…

27 03 2010
dsusetyo

Insya Allah. Amin. Terima kasih doanya.

28 03 2010
putri aditya wardani

ijin menyebarkannya pada blog saya :-)

30 03 2010
dsusetyo

Terima kasih. Silakan nanda Putri sebarkan post ini. Semoga manfaat.

28 03 2010
menghapal Al-Qur’an itu mudah? « ابنة

[...] [Sumber: Baca Lebih Lanjut] [...]

3 04 2010
lukamn

banyak yang mengira bahwa jumlah ayat al-qur’an 6666ayat,jumlah ini tidak tepat,silahkan di hitung…

22 04 2010
muhammad jamil

assalamualaikum… ya saudaraku ….ikhlaskanlah kami belajar darimu mudah-mudahan ilmu yang saudaraku temui menjadi ilmu yanfa’bih …..

22 04 2010
dsusetyo

wa alaikum salam wr wb., saudaraku Muhammad Jamil.
Tentu saja saya senang dan bersyukur jika Anda mendapat manfaat dari blog ini.
Saya berdoa semoga Allah melapangkan dan memberkahi jalanmu dan melimpahimu dengan kemuliaan dunia akhirat. Amin.

18 05 2010
Muhammad Nu'man

Subhanalloh ……….

19 05 2010
budi sarjono

Assalamu’alaikum
semoga Allah merahmati apa yang bapak sampaikan,.. dan ijin untuk memposting ke teman2 yang lain..
Wassalam..

22 05 2010
dsusetyo

wa alaikum salam wr wb.
Terima kasih atas doa Anda, semoga Allah ijabahi, Amin.
Silakan Anda boleh posting bagian mana saja yang Anda suka asal untuk kebaikan di jalan Allah.

wass. wr wb.,

18 06 2010
MOHAMMAD SAID

saya ingin ada pelatihan atau trining tentang mengjafal quran di rumah gaimana caranya. dan kapan ada pelatihan nya ya

27 06 2010
dsusetyo

Pak Said, maaf agak lambat merespon. Karena saya juga belum tahu apa jawabannya.

Alhamdulillah pagi ini ketika saya mengupdate halaman blog, saya menemukan satu tempat belajar yang mungkin bisa Anda hubungi.

Silakan kunjungi : Pusat Pendidikan Quran Rumah tajwid

Demikian, silakan dicoba. Dan mohon sharing apa yang Anda dapatkan.

Terima kasih telah berkunjung kemari. Semoga Allah mudah dan berkahkan Anda untuk melaksanakan niat yang suci ini. Amin

9 08 2010
rosieka martilova

Ass.do`a kan saya pak sP@ya saya bisa LaNcar baca
…………ALQr`aN…………..Amin,,,,,,,,,,,

10 08 2010
dsusetyo

@ Sahabat Rosieka, wa ‘alaykum salam wr wb., Terima kasih atas kunjungannya.

Saya doakan Anda, tidak hanya lancar baca tapi juga tartil bahkan setelah itu agar dibukakan pintu hati Anda untuk mulai mencintai Al Quran dan mulai menghafalnya, kemudian merenungkan dan meresapkan kandungan hikmahnya dan mengamalkannya. Amin

Asal ingat kuncinya yaitu ikhlas, istiqamah dan bersungguh2

11 08 2010
taufiq

terima kasih pak kiat – kiatnya mudah mudahan jadi amal bapak. Doakan saya pak karena baru sekarang keinginan itu muncul di saat saya menginjak umur 40 tahun.

13 08 2010
dsusetyo

Terima kasih kembali pak Taufiq. Juga doanya, Amin ya Allah.
Anda sebaiknya bersyukur, karena masih mendapat kesempatan untuk melaksanakan niat baik bapak. Saya sendiri baru berkeinginan untuk menghafal Al Quran jauh lebih lambat dari Bapak. Dan inilah saat terbaik untuk memulai di bulan yang penuh berkah ini.

Saya doakan bapak diberi keikhlasan dalam ikhtiar menghafal al Quran ini, kemudahan, istiqamah dan keberkahan. Mentadabburinya dan mengamalkannya. Amin ya Allah.

Mari kita ajak pula keluarga kita, terutama anak2 kita untuk jugamencintai al Quranul karim ini.

Sebagai motivasi silakan bapak baca artikel tentang seorang nenek yang mulai menghafal al Quran di usia 70 tahun.

19 08 2010
abed abidi..

Alhmdlillah… dpt informasi,,,
gmn ya klo bwt yg gagap..? bisakah hafal?

25 08 2010
dsusetyo

Insya Allah bisa. Kalau pun tidak bukan hasil akhir yang Allah lihat tapi kesungguhan dan keikhlasan ikhtiar kita, karena hasil akhir itu kekuasaan Allah. Jadi tetap optimis.

Wallahu a’lam

23 09 2010
Diesta Sofwatul Ulya

Assalamualaikum…..

Terima Kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini……
Dulu saya selalu berfikir…..mungkin hanya orang 2 terpilih yang bisa menghafal Al-Qur’an, tapi pendapat saya salah. Saya tergugah setelah membaca salah satu novel sukses, yang didalamnya diceritakan ada seorang anak yatim piatu yang berusaha keras untuk menghafal Al Qur’an untuk menunjukkan baktinya pada kedua orang tuanya yang sudah meninggal. Dia ingin memberikan orang tuanya jubah surga. Karena barang siapa seseorang yang bisa menghafal Al Qur’an, maka kedua orang tuanya dijanjikan jubah surga.
Dari cerita itu saya bertekad ingin menghafal Al Qur’an entah itu berapa lama…..
Mohon koreksi apabila yang saya terima itu kurang sempurna. Apakah boleh saya niatkan untuk itu?

Terima Kasih jawabannya.

Wassalamualaikum

3 10 2010
dsusetyo

Wa alaikum salam wr wb.,

Diesta yang baik, alhamdulillah, Anda sekarang termotivasi untuk menghafal al Quran. Hendaknya Anda bersyukur, sebab itu tanda kasih sayang Allah kepada Anda. Dan salah satu tanda syukur itu ialah dengan bersungguh2 mulai menghafal.

Perihal niat, hemat saya, yang terbaik adalah dengan niat ikhlas lillahi ta’ala. Sebab sudah pasti Allah SWT menetapi janjiNya. Artinya kalau Anda akhirnya bisa hafal Al Quran, sudah otomatis kemuliaan akan diberikan kepada kedua orang tua Anda. Dan janji-janji Allah SWT yang lain akan keutamaan hafal Al Quran.

Izinkan saya menekankan niat yang ikhlas ini. Dan terus sekuat tenaga menjaga ikhlas ini, agar ikhtiar kita ini mendapat ridha Allah SWT. Jangan ada niat atau pun terbersit dalam hati agar dilihat orang sebagai hafizh, kemudian membanggakan diri.

Kemudian, tidak cukup dihafal, tapi ditadabburi [difahami dengan sungguh2, direnungkan sampai tumbuh rasa cinta kepada Allah SWT] dan kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari2.

Demikian, semoga Allah SWT azamkan hati Anda, diberikan kemudahan dan keberkahan dalam upaya Anda menghafal Al Quran al karim. Amin.

Wassalamu’alaikum wr wb.,

29 10 2010
marifatillah

gimana carax hafalan tetapi tempat pondoknya itu bkn tempatx hafalan???

10 11 2010
dsusetyo

@marifatillah yth,
cara menghafal yang ada di posting ini memang ditujukan untuk orang awam, dan tidak mondok.

Seperti kalimat pada akhir posting yang berbunyi:
” [Beliau sendiri mengakui baru belajar baca Al Quran ketika mulai kuliah di Inggris, kalau saya perkirakan dari usia beliau sekarang sepertinya beliau hafal jauh lebih cepat dari 18 tahun, dan menurut beliau pula 4 orang anaknya telah hafizh, 2 lagi menyusul!!! Subhanallah].”

jadi mulai saja menghafal dengan ikhlas dan istiqamah. Semoga Allah SWT mudahkan untuk Anda. Amin

25 01 2011
tansyah agi

Nuhun kangge artikel na

wassalam

4 02 2011
dsusetyo

Wa alaikum salam wr wb.,

Monggo, silakeun.

22 02 2011
Cara Cepat Menghafal Al Quran | Cara Cepat Hafal Al Quran

[...] cara-mudah-hafal-al-quran/ [...]

23 04 2011
aguenaltomy

trima kasih infonya kawan…semoga kita menjadi hafiz. amin

2 05 2011
dsusetyo

Amin ya Rabb

26 05 2011
Mutohari

Assalamu’alaikum wr.wb.

Terimakasih pak mohon doanya dan mudah mudahan bapak senantiasa dirahmatiAllah.amin

26 06 2011
Noraina Mohd Noor

salam

30 06 2011
dsusetyo

Wa ‘alaikum salam wr wb ibu Noraina. Syukran telah berkunjung.

18 07 2011
marcell

assalam. wr.wb.

makasih buat info dan cerita yang membuat saya tambah semangat untuk belajar Al – Qur’an

wassalam.

22 07 2011
dsusetyo

Wa ‘alaikum salam wr wb.,

Alhamdulilah jika Anda tambah semangat. Mumpung masih semangat, ayo segera dipraktekkan biar lebih semangat lagi. Apalagi menjelang Ramadhan.

Wass wr wb.,

22 10 2011
eko mujit

terima kasih banget tulisannya.semakin memperkaya ilmu dan menambah wawasan terutama bagi yang ingin menghafal

afwan. menurut teman2 di Malang-Jawa Timur rata-rata normal untuk mengafal Al-Quran 3tahun. Jadi lebih cepat pak. Mgkn 18thn itu jika dikalkulasi jumlah ayat dan jumlah hari karna sehari cuma 1ayat. Begitu Pak. Syukron syukron katsiir.

22 10 2011
eko mujit

terima kasih banget tulisannya.semakin memperkaya ilmu dan menambah wawasan terutama bagi yang ingin menghafal

afwan. menurut teman2 di Malang-Jawa Timur rata-rata normal untuk mengafal Al-Quran 3tahun. Jadi lebih cepat pak. Mgkn 18thn itu jika dikalkulasi jumlah ayat dan jumlah hari karna sehari cuma 1ayat. Begitu Pak. Syukron syukron katsiir.
Balas

3 11 2011
Ahwat Sely

syukron,, saya semakin tergugah setelah membacanya. semoga saya bisa menerapkannya dalam kehidupan saya, semoga saya di beri keajaiban oleh Allah ta’ala untuk bisa memahami Al-qur’an, bukan cuma menghafalnya. dan semoga lambat laun saya bisa berbagi ilmu saya ini kepada orang yang belum tau sehingga akan sangat bermanfaat..
amin,,

5 12 2011
hamba allah

tolong doa kan yah
supaya saya bisa baca al quran yang benar
aminn

14 12 2011
uki saputro

ya alloh kuatkanlah iman hamba ,
& berilah hamba kesabaran,ketakwaan,keiklasan mu
semuannya pasti akan kembali kepadamu dihari akhir nanti

26 12 2011
Lauren Samuels z

Mohon do anya dari teman teman semua, mudah mudahan produk baru ini akan Booming sebombastis produk produk yang sudah kami jual, amiiin.

31 12 2011
Masni Pohan

subhanalloh….
terimakasih atas infonya..
dan minta doanya

bismillahirroh maanirrohim….

3 01 2012
m ali makhmud shaleh

allhamdulillah

1 03 2012
dsusetyo

Alhamdulillah. Segala puji hanya pantas bagi Allah azza wa jalla.

Semua saja: M ali/ Masni pohan/ Lauren/ uki/ hamba Allah/ Ahwat Selly/ eko munjit, saya doakan semua yang Anda inginkan diijabah oleh Allah SWT. Amin!

1 04 2012
Cara Cepat Hafal Al-Qur’an :: Metode Husen | fayruzrahma

[...] tips-tips lainnya, bisa dibaca di blog ini… Ada link ke artikel-artikel lain yang cukup [...]

8 04 2012
asep ridwanulloh

aslmualaikum,salam kenal buat para kekasih Alloh para pecinta & penghafal al qur’an.mari kita selalu mujahadah sampai Alloh menjadikan Al-qur’an itu terjaga dalam dada kita..Allohuakbar

14 05 2012
imam muhtasor

sukron katsir atas ilmu yang diberikan, smoga menjadi amal jariyah,bagi penulis .amin

18 07 2012
aang

terimakasih bapak!!!!!!!!

4 08 2012
fitriyah

subhanallah…
sungguh sejak kecil sya ingin mehghafal Al-Qur’an, dan kni di usia sya yg sudah mencapai 20 th keinginginan itu msih terpendam dan blum terwujud… prnah dlu sya mencoba menghfalnya brsama ayah sya namun tertunda krena beliau bekrja d luar kota n tdak ada lgi srana pndukung bgi sya shgga skarang sya hnya dpat mnghafal surat2 pndeknya sja.
dngan mmbca artikel di bpak sya akan mncobany lgi dri awal, bismillahirrahmanirrahim…
oya pak stu pertnyaan sya, apakah menghafal Al-Qur’an hrus berurutan dri surat pertama ataw bagaimana yg lbih mudah???

17 12 2012
dsusetyo

Alhamdulillah jika Anda termotivasi untuk mulai menghafal Al Quran kembali. Sepanjang pengetahuan saya tidak ada aturan khusus mulai darimana. Namun biasanya dari surat pertama dst. Wallahu a’lam.

27 09 2012
wilda

doakan saya insaallah saya mw blajar menghafal

17 12 2012
dsusetyo

Semoga Allah mudah dan berkahkan jalanmu untuk dapat menghafal al Quran saudaraku. Amin.

13 10 2012
Imam

Saya Imam Yuliansa umur 17 tahun mohon do’anya saudara/saudari sekalian buat hafal al-Qur’an,,,,,
AAMIIN

17 12 2012
dsusetyo

Mas Imam, saya doakan mudah, lancar dan berkah. Yang penting ikhlas dan istiqamah ya. Amin.

6 11 2012
usin

Setelah dihitung ternyata jumlahnya 6236 ayat.

17 12 2012
dsusetyo

Alhamdulillah, terima kasih koreksinya. Jazakumullah khairan.

6 11 2012
Cara Mudah Hafal Al Quran | usin63's Blog

[...] Cara Mudah Hafal Al Quran . [...]

6 12 2012
Earn Money online with uinvest

very awsome post,thanks

17 12 2012
dsusetyo

Ya Allah, siapa saja yang membaca artikel ini, hendaknya Engkau gerakkan hatinya untuk sangat ingin menghafal ayat-ayatMu.

Lalu setelah tergerak hatinya untuk menghafal ayat-ayatMu, teguhkan ya Allah niatnya, hebatkan tekadnya, mudah dan berkahkan jalannya, istiqamahkan ikhtiarnya dan di atas semua itu ikhlaskan hatinya untuk menghafal hanya karena ingin menggapai ridha Mu. Amin ya Rabbal alamin.

6 01 2013
Cara Cepat Hafal Al-Qur’an :: Metode Husen | elfian permana

[...] tips-tips lainnya, bisa dibaca di blog ini… Ada link ke artikel-artikel lain yang cukup [...]

26 02 2013
http://bing.com/

I personally intend to save this posting, “Cara
Mudah Hafal Al Quran (edited 22 Februari 2010) | DSusetyo’s Weblog” Accieee on my own web-site. Will you mind in case I personallydo it? Thank you ,Petra

27 06 2013
dsusetyo

No problem. I will thank you for that. :-)

16 04 2013
Zaenal Abidin

Saya juga kping.in bwget hapal,qita sling mendoakan…

16 04 2013
Zaenal Abidin

Saling mendoakan

30 05 2013
adi kuswanto

Assalamu’alaikum, wah sungguh dengan membaca cara menghafal Al-Quran yang bapak tulis Aku benar2 ingin menghafalkannya subhannalloh kenapa dari dulu aku tak pernah terpikirkan. terima kasih pak, doakan aku

27 06 2013
dsusetyo

Wa alikum salam wr wb.,
Pak Adi, terima kasih atas komentar Anda, saya sangat bersyukur dan bahagia mendengarnya.

“Ya Allah, siapa saja yang membaca artikel ini, hendaknya Engkau gerakkan hatinya untuk sangat ingin menghafal ayat-ayatMu.

Lalu setelah tergerak hatinya untuk menghafal ayat-ayatMu, teguhkan ya Allah niatnya, hebatkan tekadnya, mudah dan berkahkan jalannya, istiqamahkan ikhtiarnya dan di atas semua itu ikhlaskan hatinya untuk menghafal hanya karena ingin menggapai ridha Mu. Amin ya Rabbal alamin.”

Semangat terus pak. Nanti tolong disharenya ya hasilnya, pengalaman saya tantangan terberat adalah ikhlas dan istiqamahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 455 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: